ADALAH BAIK MENJADI ORANG PENTING, TAPI LEBIH PENTING MENJADI ORANG BAIK

Wednesday, August 1, 2007

SIAPAPUN BISA BERKATA "AKU"

Sebelum menciptakan manusia pertama, Tuhan telah menciptakan para malaikat dan iblis. Mereka semua adalah makhluk yang taat kepadaNya. Selalu mengagungkan namaNya.

Tuhan berkata kepada para malaikat dan iblis bahwa Dia akan menciptakan satu lagi makhluk bernama manusia.
Tuhan lalu menciptakan Adam dari tanah yang dibentuk, lalu memasukkan roh kedalamnya. Setelah selesai Tuhan memerintahkan semua para malaikat untuk bersujud. Lalu semua sujud sebagai tanda penghormatan kepada Adam (bukan menyembahnya), kecuali iblis.

Tuhanpun bertanya kepada iblis "mengapa kau tidak mau bersujud?" Iblis menjawab "Adam hanya terbuat dari tanah,Aku itu api masa sujud sama tanah. Kemudian karena jawaban tersebut, Tuhan mengusir iblis dari surga.


Dari jawaban iblis tersebut kita bisa mengambil pelajaran, bahwa aku itu bukannya api, tapi apilah yang mengaku aku. Kata aku bisa dipakai oleh Tuhan, Adam, para malaikat atau siapapun. Aku itu bisa dono, jono, parno dan lain sebagainya. Jadi siapapun bisa berkata aku.



Misalnya kalau Amar berkata begini, "kamu itu siapa, udah ndeso katrox lagi, aku ini amar, orang berpendidikan jadi tak usah kau ceramahi aku". Amarpun bisa berkata aku seperti halnya iblis yang telah berkata aku.


Dari kalimat-kalimat diatas, penggunaan kata aku jelaslah bagi kita. Kalau itu berarti kesombongan. Sedangkan hanya Tuhanlah yang pantas untuk sombong.


Ketika kita telah berkata aku, seperti kalimat-kalimat diatas, disitu kita telah mulai menjauhkan diri dari Tuhan. Kepada siapapun kalimat itu diucapkan, apalagi kepada Tuhan.


Sombongnya iblis bukan tertuju kepada Tuhan, tetapi tertuju kepada adam. Itu bisa dilihat dari kalimat diatas. Atau biar lebih mantap bisa di lihat di kitab al-quran. Jadi kalau ada manusia yang sombong untuk Tuhan berarti dia telah berada di titik terjauh dan tak percaya lagi adanya Tuhan. Dia telah melebihi iblis. Iblis saja masih percaya adanya Tuhan, tapi manusia?








2 comments:

NN said...

iblis hanya disuruh sujud 1 kali dan itu kepada adam tidak mau di lempar ke neraka yg selama2nya, kita yang disuruh sujud ke pada Allah 5 kali sehari masih gak mau, berarti lebih sombong dari iblis

shige said...

hmm...

postinganny bagus, menyentuh ... ^^