ADALAH BAIK MENJADI ORANG PENTING, TAPI LEBIH PENTING MENJADI ORANG BAIK

Thursday, May 15, 2008

IBLIS DAN SETAN ITU TIDAK ADA (part 1)

Pada bagian yang lalu blog ini telah membahas tentang tidak adanya neraka/ tidak diciptakannya neraka oleh Tuhan.
Pada bagian ini saya akan membahas tentang tidak adanya iblis dan setan.

Karena pada bahasan yang lalu telah disebutkan tentang tidak diciptakannya neraka oleh Tuhan, maka bagian ini tentunya lebih mudah untuk memahami tentang tidak adanya iblis dan setan atau mungkin hantu yang selalu menakutkan.

Sekarang saya ajak untuk sedikit menggunakan akal kita. Kembali ke judul yang lalu ketika kita membayangkan tentang Tuhan...( Tuhan itu maha benar, maha sempurna dan maha -maha yang lainnya ). Karenanya yang tidak indah, tidak benar menjadi tidak ada. Karena kalau ada Dia gagal menjadi maha.

Dan karena kemarin telah disebutkan neraka tidak diciptakan oleh Tuhan, maka sekarang secara logika pula setan, iblis dan hantu menjadi mustahil keberadaanya (tidak diciptakan oleh Tuhan)atau tidak ada.

Istilah iblis dan setan digunakan bagi jin dan manusia yang sombong dan menjauh/membelakangi Tuhan.

Pada saat setelah terciptanya Adam oleh Tuhan maka semua disuruh bersujud, semua malaikat sujud kecuali Adam dengan kesombongannya. Jadi orang yang pertama sombong adalah Adam (bukan iblis) karena kalau ada makhluk cipataan Tuhan yang membangkang perintahNya maka kekuasaan Tuhan atas makhluknya menjadi kurang. Bukankah saat itu berada di kerajaan Tuhan (surga)? jadi iblis hanyalah istilah bagi adam yang sombong.

Sekarang coba kita berpikir lagi, seandainya iblis benar adanya (sebagai makhluk), maka yang jadi kasihan adalah anak dan semua keturuanan iblis. Kasihan sekali anak-anak iblis lahir dengan memikul dosa yang tak terampuni, kasihan keturunan iblis lahir tanpa punya kesempatan untuk bisa merasakan suasana surga. Sedangkan Tuhan maha pengampun, tapi mengapa anak-anaknya juga ikut memikul dosa bapak moyangnya?
Terus dimana maha pengampun Tuhan? Dimana kasih sayang Tuhan bagi anak-anak iblis yang baru lahir? Sedangkan semua anak manusia lahir dalam keadaan suci (tidak memikul beban dosa kedua orang tuanya).

Bukankah Tuhan maha benar? Yang benar itu adil, Yang benar itu (maha)mengasihi, Yang benar itu (maha)menyayangi dan yang benar itu (maha)mengampuni.

wallahu a'lam

4 comments:

Sastro said...

cobalah untuk mencari perbandingan mengenai Iblis dan setan di www.jalansunyi.com

Anonymous said...

Your blog keeps getting better and better! Your older articles are not as good as newer ones you have a lot more creativity and originality now keep it up!

Anonymous said...

Logika anda bagus,namun anda harus belajar lebih mendalam tentang kitab yang anda yakini,usahakan logika nya jangan sampai melampaui batas.

Anonymous said...

Saya bingung dengan tulisan Anda.
"Hanya adam yang tidak bersujud"

Padahal di dalam Alquran tertulis jelas Adam diciptakan lalu memerintah Malaikat dan Jinn bersujud. Dan yang bersujud hanya malaikat kecuali Iblis, yaitu dari golongan jinn.

Bagaimana anda ini? Adam yg disujudin kok Adam yang tidak mau?
Ada yg bersujud pasti ada yg disujudi.

Setan dan Iblis itu Sifat.

Dan yang tidak bersujud kepada Adam itu ialah Jinn yang sifatnya buruk (Iblis).

Manusia dan Jinn mempunyai sifat Syetan dan Iblis.

Pahamkah Anda bung?

Banyak-banyak belajar kepada yang Mursyid agar hati anda lapang dan mudah dimasukki ilmu.

Salam.
Awalluddin Makrifatullah.