ADALAH BAIK MENJADI ORANG PENTING, TAPI LEBIH PENTING MENJADI ORANG BAIK

Friday, June 15, 2007

BAHASA ATAU MATEMATIKA

Dalam suatu percakapan saya pernah mengajukan satu pertanyaan. Sebenarnya apa sih inti dari pelajaran di sekolah?

Kalau menurut saya, inti dari semua pelajaran di sekolah adalah matematika. Tetapi banyak sekali dari teman-teman yang menjawab lain. Dan mungkin banyak juga pembaca blog ini yang punya pendapat lain. Kebanyakan dari mereka susah untuk mengemukakan argumentasi mengapa mereka menjawab demikian.

Ada satu pendapat dari salah seorang teman yang menarik dan bisa dengan jelas mengemukakan pendapatnya. Dia menjawab bahasa adalah inti dari semua pelajaran di sekolah.

Yang menjadi alasan mengapa bahasa menjadi inti pelajaran di sekolah adalah tanpa bahasa semua jadi bisu. Kita tidak dapat menerangkan semua mata pelajaran tanpa bahasa. Jadi intinya tanpa bahasa semua akan menjadi bisu.

Saya tertarik dengan pendapatnya. Dan sangat bisa memahami alasannya. Tetapi saya juga punya alasan mengapa saya menjawab matematika.

Yang pertama hampir semua mata pelajaran di sekolah menggunakan angka. Bahkan pelajaran agama sekalipun disekolah akan menjumpai angka-angka. apalagi pelajaran yang lain seperti akuntansi, fisika, dan lain lainnya.

Yang kedua dengan matematika orang bisupun dapat memahami tentang sesuatu yang dilihatnya. Misal melihat suatu grafik. Jadi dengan grafik tanpa kita ngomong orang lain bisa langsung paham.

Berawal dari sarjana matematika, Alfrednort White Head bisa menerangkan tentang Tuhan. Tentunya dari berbagai pengalaman dan pengamatan beliau juga.

Adanya titik bergantung pada garis, garis pada bidang, bidang pada ruang dan seterusnya.

Jadi Matematika bisa untuk semua. Hampir semua dari kita menggunakan ilmu matematika.
Ini hanyalah pendapat saya. Tentunya banyak dari yang lain yang punya pendapat berbeda.

Menurut anda?




3 comments:

ati said...

wah selamat yah dengan segala kegigihan dan keuletannya. Stuju banget, dengan bersyukur membuat hati kita lebih tenteram.

Yari NK said...

Menurut saya Bahasa dan Matematika, dua-duanya hanya merupakan 'tool', tetapi 'tool'/alat yang sangat penting. Walaupun saya setuju bahwa bahasa adalah lebih inti. Matematikapun memerlukan bahasa supaya dapat dimengerti!! Ingat bahasa bukan hanya yang diucapkan saja. Bahasa juga meliputi sesuatu yang difikirkan di dalam otak. Anda berfikir tentang sesuatu obyekpun memerlukan bahasa. Begitulah pendapat saya.

fatkhul muin said...

wah kalo menurutku ga dua-duanya.... coz keduanya hanya menu yang boleh dinikmatin bagi para pelanggan warung makan ilmu (walaupun banyak diantara siswa yang terpaksa pura-pura menelannya demi tujuan kelulusan yang sangat sempit dari pemaknaan)...... itni dari sekolah adalah makanan ilmu yang sarat gizi, meniscayakan pikiran kita cukup gizi sehangga tidak busung lapar kebodohan..... muin http://fatkhulmuin.blogspot.com/