ADALAH BAIK MENJADI ORANG PENTING, TAPI LEBIH PENTING MENJADI ORANG BAIK

Wednesday, August 15, 2007

APAKAH TUHAN BODOH.........?????

Pada postingan yang lalu ada sebuah kalimat yang kebanyakan orang awam seperti saya, yang tidak memikirkannya, atau bahkan sama sekali bukan suatu masalah.
Tetapi saya yakin, sebagian yang lain pasti sudah memikirkannya. Apalagi kalimat tersebut juga tersurat jelas dalam ayat al-qur'an.

Bagi seorang intelektual atau cendikiawan kalimat tersebut sudah biasa. Bagi orang awam...???? Orang awam seperti saya mungkin kurang mengerti atau baru belajar untuk ikut berpikir. Oooohhhh.......ternyata begitu.

Bagi para intelektual mungkin sudah terpikirkan. Bukankah Tuhan maha tahu......???? Kalau begitu mengapa Dia bertanya kepada iblis.

Dalam al-qur'an ayat yang lain Tuhan mengklaim bahwa Dia mengetahui apa yang ada dalam hati manusia, dan Tuhan juga tahu apa yang dipikirkannya. Kenapa kepada iblis Tuhan tidak tahu.....?????Kalau Dia tahu kenapa masih bertanya....????? Bukankah yang mengajukan pertanyaan biasanya tidak tahu....?????


Inilah pertanyaan dalam benak kita yang baru belajar untuk mempelajari ayat tersebut. Apakah Tuhan hanya tahu hati manusia.....?????


Tetapi setelah berpikir kembali manusia baru tahu, bahwa dari situlah manusia mengetahui, ketika berkata "aku" akan menjauhkan diri dari Tuhan.

Jadi Tuhan tidak bodoh. Manusialah yang bodoh, lalu manusia diajari Tuhan dengan pertanyaan itu kepada iblis, biar manusia (saat itu hanya Adam) tahu perbuatan dan perkataan yang akan menjauhkannya dari Tuhan.
Jika manusia pernah berpikir seperti itu (Tuhan bodoh) itu menandakan manusia itu berpikir, tetapi pikiran itu harus diteruskan untuk mendapatkan kebenaran yang sesungguhnya yaitu ternyata Tuhan yang maha tahu sedang memberi pelajaran kepada manusia dengan dia bertanya kepada iblis. Jadi Tuhan benar-benar maha tahu, Dia tahu manusia belum tahu(bodoh) makanya Dia bertanya kepada iblis biar manusianya tahu. Bukan karena Dia bodoh atau pura-pura tidak tahu (dengan itu Dia memberi tahu).

Semoga kita termasuk manusia yang dekat dengan Tuhan, bukan yang terbuang jauh dariNya. Amiin

2 comments:

Anonymous said...

bahasan yang bagus .. ^^ tetapi mungkin terlalu extreme menggunakan judul seperti itu ... ^^

Tuhan adalah zat yang Maha Tahu .. Tuhan bukan berarti tidak mengetahui, tetapi secara tidak langsung Tuhan mengajak hambanya (manusia/iblis/malaikat) untuk berfikir .... ^^

Anonymous said...

Wow... nggak terfikirkan. Benar juga, Allah mengajak hamba-Nya untuk berfikir dan bertanya.
Allah memang tidak perlu bertanya untuk mengetahui sesuatu karena Allah adalah yang maha tahu, tapi manusia harus banyak bertanya walaupun itu untuk sedikit tahu.